Sunday, July 2, 2017

Pengertian Struktur Sosial Serta Bentuk dan Hubungannya

Pengertian Struktur Sosial apa itu struktur sosial? apa bentuk-bentuk struktur sosial? serta apa hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial?. Simaklah artikel singkat ini sampai akhir, karena pada artikel ini saya akan menjawab semua pertanyaan tersebut.

Pengertian Struktur Sosial


Pengertian Struktur Sosial

Struktur sosial adalah salah satu bagian dari ilmu sosiologi yaitu sebuah konsep yang menggambarkan bentuk sistem global yang menjelaskan hubungan antara individu, kelompok, organisasi dalam kemasyarakatan.

Struktur sosial dilihat dari segi konsepnya dimaknai dengan makna yang berbeda, dan kadang didefinisikan denga sama sistem sosial atau organisasi sosial yang diatur oleh norma-norma dan nilai.

Struktur sosial mencakup susunan status dan peran yang terdapat dalam satuan sosial ditambah nilai dan norma-norma yang mengatur interaksi antarstatus sosial dan peranan sosial. 

Setiap unsur struktur sosial tersebut berkaitan dengan  berbagai segi kehidupan antara lain segi ekonomi dengan segi politik, segi polik selalu berhubungan dengan segi hukum, dan seterusnya. Jadi struktur sosial dapat diartikan sebagai jalinan  unsur-unsur sosial yang paling pokok.

Pada hakikatnya manusia selalu tekait dengan struktur sosial masyarakat di mana ia menjadi anggotanya, artinya setiap orang termasuk ke dalam satu atau lebih kelompok, kebudayaan, lembaga, sosial, pelapisan, kekuasaan, dan wewenang yang terdapat dalam masyarakat.

Bentuk Bentuk Struktur Sosial

1. Diferensi Sosial

Diferensi sosial adalah pengelompokan masyarakat yang bersifat horizontal. Ada beberapa jenis diferensi sosial dalam kehidupan sehari-hari diantaranya yaoitu,

a. Diferensiasi Ras

Diferensi ras menurut Roberson adalah pengelompokan manusia berdasarkan ciri-ciri warna kulit dan fisik tubuh tertentu yang diturunkan secara turun-temurun.

b. Diferensiasi Bangsa

Diferensi suku bangsa adalah suatu kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan dengan corak khas, Suku bangsa diartikan sebagai suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dalam identitas akan kesatuan kebudayaan.

c. Diferensiasi Jenis Kelamin

Secara alamiah manusia berdasarkan jenis kelamin, manusia di seluruh dunia dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu laki-laki dan perempuan.

d. Diferensasi Klan

Klan adalah suatu bentuk kesatuan masyarakat yang berdasarkan genelogis atau pertalian darah.

e. Diferensiasi Agama

Pada umunya pola kehidupan manusia diatur oleh sistem religi atau sistem kepercayaan yang dikenal dengan agama. Agama mengatur bagaimana seharusnya berperilaku semasa hidup di dunia agar nantinya dalam kehidupan setelah kematian akan memperoleh kebahagiaan.


2. Pelapisan (Stratifikasi Sosial)

Stratifikasi sosial adalah perbedaan masyarakat dalam kelas-kelas bertingkat/hierarkis. Pelapisan sosial dalam masyarakat tampak dalam bentuk adanya kelas yang memiliki bentuk yang berbeda, yang ada semenjak dahulu sampai sekarang.

Pelapisan sosial dalam kehidupan sehari-hari memiliki sejumlah ukuran yang dipergunakan sebagai dasar pembentukan pelapisan sosial, ukuran tersebut antara lain,

  1. Kekayaan, pada dasarnya orang yang memperoleh pelapisan sosial paling atas pada masyarakat.
  2. Kehormatan, pada masyarakat tradisional, faktor kehormatan menjadi tolak ukur pelapisan sosial, di mana umunya orang yang pernah berjasa, akum tua adalah termasuk orang yang disegani.
  3. Kepandaian, orang yang pandai atau ilmuwan ditempatkan sebagai kelompok masyarakat atas.
  4. Kekuasaan, penguasa atau seorang yang memiliki jabatan tertentu dengan kewenangan yang lebih banyak/tinggi, di tengah masyarakat akan menduduki pelapisan sosial atas.

Hubungan Struktur Sosial dengan Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial adalah perpindahan dari struktur sosial ke arah struktur sosial yang lainnya. Perpindahan ini mengakibatkan naik turunnya kondisi status sosial seseorang atau kelompok.

Macam macam Mobilitas Sosial

a. Mobilitas Sosial Vertikal

b. Mobilitas Sosial Horizontal

Proses Mobilitas Sosial

a. Keadaan Alam

b. Faktor Ekonomi

c. Faktor Pendidikan

d. Persaingan

Dampak Mobilitas Sosial

a. Mobilitas Sosial Naik

b. Mobilitas Sosial Menurun

Hubungan Struktur Sosial dengan Mobilitas Sosial